Friday 7 March 2014

resep pie apel rumah dua pohon


cemilan favorit kami adalah pie apel. bikinnya gampang sehingga jarang banget gagalnya. buat saya pilihan rasanya juga cuma ada dua, antara enak atau enak banget. karena udah bolak balik posting foto pie apel dimedia sosial, beberapa temen nanyain resep cuma kadang2 saya suka males nulis resep soalnya saya sendiri bukan tipe orang yang patuh sama resep. i know, my bad cos patuh pada resep sampe ke detail gram2nya adalah pesen para chef pastry ternama supaya hasil kue kamu enaknya konsisten. tapi ywdahlah ya namanya juga buat dimakan sendiri kadang2 saya mesti nyesuaiin isi kulkas juga. udah beberapa kali bahan perasan air jeruk lemon saya ganti pake seduhan nutrisari, lebih murah dan lebih gampang dicari hahaha.

resep pie apel basicnya ada 2 komponen, yaitu isi pai dan kulit (crust) pai. menurut saya letak kelezatan pie ada dicrustnya. paling enak yang rasanya renyah gurih dan manis. kalo bikin adonan isi pai harusnya anti gagal, kan tinggal nyampur2in apel, air jeruk sama gula semut yang rasanya asem seger manis enak gituh. yang tricky emang bagian crustnya apalagi disitu pula letak kecantikan sebuah pie. kalo mau renyah menteganya harus lebih banyak daripada tepung tapi klo kebanyakan mentega nanti teksturnya jadi terlalu lemes sehingga susah diapa2in. boro2 mau dikepang deh, digiling aja pada putus2.


resep diadaptasi dari postingannya mbak aini di urbanmama, berikut resepnya yah :

bahan isi pai:
  • 7 buah apel, dikupas dan diiris tipis. untuk apel bisa menggunakan apel apa saja cuma konon katanya paling enak menggunakan apel granny smith. btw saya gak pernah pake apel GS soalnya mahal hahaha, paling mentok pake apel malang yg gede ini.
  • 3 sendok gula semut / gula palem
  • 5 sdm air perasan jeruk lemon (saya suka pake nutrisari kalo lagi gak punya jeruk)
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • sedikit pala bubuk (optional)
  • 3 sdm madu
  • 1 sdm mentega

semua bahan dicampurkan dalam panci anti lengket dan dimasak menggunakan api kecil selama kurang lebih 10-15 menit atau konsistensi air menjadi kental dan apel lunak. setelah itu sisihkan dan tunggu dingin

bahan kulit pai :
  • 1 blok mentega (saya pake anchor salted sekitar 225gr) diamkan 10 menit dalam suhu ruangan
  • 2 sdm gula pasir
  • 7 sdm tepung terigu serbaguna 
  • 1/2 sdt garam
  • 5 sdm air es

cara membuat:
  1. mentega dipotong kecil2, masukan kedalam wadah dan hancurkan dengan garpu
  2. kemudian didalam wadah yang berisi mentega ,masukan tepung sedikit2, uleni dengan tangan
  3. masukan gula, garam dan air es terus aduk sampe adonan menyatu
  4. setelah menyatu, bentuk bulat dan bagi menjadi 2
  5. siapkan loyang (saya menggunakan loyang pai bongkar pasang), 1 bagian adonan digiling/ditipiskan sampe sekitar 2 cm dan ditempatkan di loyang. sewaktu menggiling jangan lupa di area yang rata (bila punya talenan ukuran besar bisa digunakan). jangan lupa taburkan tepung yang banyak supaya adonan tidak lengket dan mudah untuk diangkat.
  6. taroh adonan yang sudah digiling/ditipiskan ke dalam loyang dan simpan di lemari es sekitar 15 menit. simpan juga 1 bagian adonan bulat yang nanti dipergunakan sebagai penutup isi.
  7. setelah 15 menit tuangkan adonan isi kedalam loyang yg sudah ada kulitnya.
  8. ambil 1 bagian adonan yang td disimpan kemudian digiling sampai setebal 2 cm. potong2 memanjang dan letakan seperti satu persatu seperti foto diatas. ratakan dibagian ujung pertemuan kulit pai.
  9. masukkan kedalam oven dan panggang sampai kulit berwarna kecoklatan.

saya memanggang menggunakan oven tangkring yang diletakkan diatas bata dengan api besar selama kurang lebih 30 menit. untuk oven listrik mungkin bisa lebih cepat. makanya saya tidak mencantumkan waktu pemanggangan karena karakter oven beda2. jadi lebih baik sering2 ditengok yah biar gak gosong.

No comments: