Wednesday, 2 December 2015

resep easy-peasy cinnamon rolls



udah lama ngidam kepengen coba bikin cinnamon rolls, cuma bolak balik gugling browsing kok kayaknya mayan ribed yah. resep roti gituh, rata2 bikinnya mesti pake mikser kelas berat ato bread maker ato kalo gak pake itu ya mesti nguleni ampe gempor biar adonannya kalis. wait kalis apa itu? katanya sih kalo kalis artinya adonan gak lengket lagi ditangan. tapi musti ngadonin berapa lama sampe kalis, saya juga gak tau.

pencarian saya tingkatkan lagi nyoba pake kata kunci dalam bahasa inggris. secara ini kan desert dari barat yak, dan tetep pake kata 'simple' 'easy' eh keluar deh resep dari minimalist baker. membaca judul dan intronya yang tertulis "only need 7 ingredients" dan "fool proof" mata saya langsung belo dan melototin satu persatu cara bikinnya. cara yang dipake si minimalist baker ini emang cukup berbeda dari resep2 kebanyakan. saya mesti bolak balik baca dan ngebayangin supaya gak salah menginterpretasikannya (halah susah amat) dalam bhs indonesia (ya kalo kamu fasih cas cis cus sih aman yak kalo kemampuannya mepet kaya saya bisa2 bantet). tambah susyeh lagi si cinnamon rollsnya minimalist baker ini sebenernya adalah resep buat vegan alias vegetarian yang bahannya jelas gak dikenal di indonesia, tapi bismillah pede aja namanya milk artinya pasti susu, tulisannya butter maksutnya mentega hahaha.

emang kalo ga nekat gak akan bisa yah, makanya saya niat motoin satu persatu stepnya supaya kalo gagal bisa jadi pelajaran, kalo berhasil bisa dishare disini. sepertinya takaran 1 resep ini memang buat ukuran 1 loyang ukuran 20x20 cuma berhubung saya memangangnya malem (waktu bboys pada tidur) adonannya saya bagi 2, biar besoknya saya bisa manggang lagi (sekalian meminimalisir kegagalan pas manggang) dan karena saya bener2 ngikutin langkah2 sesuai arahan resep jadinya berhasil. ah suka deh, besok2 pasti bakal sering manggang lagi, tapi nanti adonannya mau dipanggang langsung sekalian ah gak dibagi 2 lagi kaya sekarang supaya hasilnya lebih tebel. yey! anw berikut resepnya ya,

bahan :


untuk butternya saya menggunakan tambahan 1 sdm margarin leleh buat olesan ketika akan menaburkan gula dan bubuk kayu manis. juga ketika adonan akan dipanggang.


cara membuat :


1. dalam panci lelehkan mentega kemudian campur dengan susu. cukup hangatkan saja (jgn sampai mendidih) atau kira2 suhunya mencapai suam2 kuku. kenapa harus hangat karena kalau terlalu panas akan membunuh ragi.


2. pindahkan campuran susu dan mentega ke dalam wadah bersih, kemudian taburi atasnya dengan ragi instan (fermipan). sisihkan atau simpan ditempat yang hangat selama 10 menit.


3. setelah 10 menit, diatas campuran tersebut raginya berubah menjadi gelembung2 berwarna coklat muda, tanda bahwa ragi sudah bekerja.


4. tambahkan 1 sdm gula dan 1/4 sdt garam, aduk sampai tercampur rata.


5. masukkan tepung, aduk pelan2, ketika adukan sudah terasa berat, pindahkan adonan ke meja tau bidang datar yang bersih dan sudah ditaburi oleh tepung.


6. uleni dengan tangan (saya akhirnya menggunakan 2 tangan, membentuk gerakan seperti mencuci baju dipenggilesan hihi) sampai kira2 adonan tidak lengket ditangan (jangan lupa tangan juga harus teroles dengan tepung/minyak goreng dan jgn sampai terkena air). kemarin saya membutuhkan waktu kira2 5 menit untuk bisa membentuk bola.

sementara itu, wadah yang tadi gunakan dicuci bersih, lap sampai kering dan olesi dengan minyak goreng.


7. letakkan kembali adonan yang sudah berbentuk bola itu kedalam wadah, kemudian olesi juga adonan dengan minyak goreng. tutup menggunakan plastick wrap. letakkan ditempat hangat selama 1 jam atau sampai adonan membesar dari ukuran semula.


8. apabila adonan sudah membesar 2x lipat artinya adonan sudah siap digunakan. jangan lupa taburi lagi meja/bidang datar dengan tepung juga panaskan oven. adonan ini saya bagi 2, satu saya keluarkan sedangkan yg satunya saya kembalikan lagi ke dalam wadah untuk ditutup dg plastick wrap dan saya simpan dikulkas.


9. letakkan adonan yang dibidang datar kemudian roll pelan2 sampai dengan ketebalan yang diinginkan atau kira2 1/2 senti. kemudian olesi dengan mentega/margarin leleh, taburi permukaannya dengan gula pasir dan bubuk kayu manis. gulung pelan2.


10. potong adonan dengan ketebalan yang diinginkan (kalo saya sekitar 3 senti, kalo di resep aslinya sekitar 5 senti lebih). oia jgn lebih kecil dr 3 senti yah kalo gak nanti akan terlalu renyah dan ga akan dapet tekstur rotinya yang empuk. tata gulungan di dalam loyang yang sudah diolesi dengan campuran tepung, margarin, dan minyak goreng (masing2 takarannya 1 sdt). berikan jarak sedikit dan olesi lagi permukaanya dengan mentega cair dan bisa taburi gula pasir lagi.


11. tutup loyang dengan plastic wrap dan letakkan diatas oven (punya saya oven tangkring murah beli dipasar :P) kira2 selama 30 menit supaya adonan mengembang lagi.


12. setelah 30 menit buka plastik pembungkus, masukkan loyang kedalam oven dan panggang sampai matang atau berwarna emas kecoklatan. tiap oven beda2 ya kalo saya kemarin memanggang sekitar 50 menit. lama aja yah soalnya otangnya saya dudukin diatas batu bata jadi gak langsung diatas api kompor. pengalaman membuktikan lebih aman buat kompornya dan buat adonannya. lama gpp asal selamet hihi.


13. ini adalah cinnamon rolls batch 1 yang baru matang dan siap disiram dengan glazenya yang terbuat dari 2 sdm creamcheese cair, 1 sdm mentega cair, 1/4 cup susu hangat dan 1 sdm gula pasir. aduk terus ketika sudah kental bisa langsung disiramkan keatas cinnamon rolls. ih nyammeh. nulis begini aja saya ngiler lagi.


ini adalah cinnomon rolls batch 2 yang saya panggang keesokan harinya. kalo dibandingin sama resep asalnya, cinnomon rolls saya kurang tinggi ya, walopun empuk tapi rasanya lebih ke renyah. ya itu karena satu adonan dibagi 2 *irit* besok mau coba yang sekali panggang ah. dan oh karena ini resep dasar adonan roti, bebas mau diisi apa aja loh dan dibentuk macam2. yang bagian bawah itu saya isi pisang dan gula. enyak!

6 comments:

Tanaraga said...

Hello..saya juga ambil resep dari the minimalist baker waktu mau coba bikin cinnamon rolls.

yudhi puspa tia said...

wah sama! resep2nya emang sangat menggoda dan terlihat gampang, aku udah menyimpan beberapa resep mereka yang pengen aku coba juga mbak tana :)

hidung-bertahi-lalat said...

akkkkk ituuu my fave! both buku dan cinrol (cinrol beliii tapiii hihihi)

yudhi puspa tia said...

egah : bukunya belom slese2 dibaca gaaah padahal udah 2 minggu, cinrolnya mah udah abis kemana2 hihihi

Ermina Vina Kusuma said...

Inspired. Makasih mba itung2 udah diterjemahin dalam bhs indo. Hehe

yudhi puspa tia said...

hehe kapan2 dicoba dong