Friday, 12 February 2016

halo serat!


seperti yang pernah saya tulis di postingan tahun baru, tahun ini saya pengen banget lebih banyak makan serat makanya akhir2 ini lagi ngulik menu2 serat yang enak, cakep menggoda untuk difoto dan dimakan. menu2 percobaan saya bakalan lebih banyak di post di instagram @yudhipuspa, saya sendiri pake hashtag #ayomakanserat. 

banyak sih yang suka salah sangka, kalo saya makan sepiring sayuran gini seringnya dikira sedang diet ato jadi setengah vegetarian. bahkan mister kumis pernah ngeledekin, tapi karena saya konsisten lama2 dia kepo trus pengen ikutan disiapin sepiring sayuran less-cooked juga tiap hari. sebenernya ini bukan diet, dan ga bisa dikategorikan fc juga karena niat awalnya hanyalah makan makanan yang seimbang antara protein, lemak, serat dan karbo. karena saya masak tiap hari saya tau makanan kami sehari2 minim serat tapi tinggi karbo. kalo dulu sehari saya bisa 3x makan nasi, sekarang cukup sekali ato maksimal 2x makan nasi. kalo dulu sayuran cuma basa basi di piring sekarang menguasai piring paling tidak 1x sehari. kalo saya belum mampu melaksanakan food combaining dengan benar minimal asupan seratnya bisa seimbang dg karbo, lemak dan protein.

anw, yang namanya merubah kebiasaan itu pertama kali memang sulit dan ribet. u name it lah. tapi seperti yang pernah saya baca disini, makan makanan sehat gak akan ada hasilnya kalo makannya cuma sesekali. kalo mau dapat manfaat totalnya, makan makanan sehat ya harus jadi kebiasaan, terus2an, sampe (ternyata) badan bisa nagih sendiri. saya udah mengalaminya. kalo sehari ato dua hari gak ketemu sepiring sayuran rasanya ada yang kurang. biasanya saya makan sepiring sayuran ini sama daging2an yang dibakar/digoreng ples sambel ato dibumbuin pedas. ah enak!

berhubung saya tuh anaknya sweettooth banget sejak menerapkan pola makan kek gini rasanya gak kawatir lagi makan banyak2 karena sudah masukin makanan yang baik juga ke dalam tubuh. kalo kita bisa menyayangi tubuh sendiri dengan memberi makan makanan yang enak2 kenapa kita ga bisa menyayangi tubuh sendiri dengan memberi makan makanan yang baik ;).

4 comments:

hidung-bertahi-lalat said...

Yahe ngurangin karbonya ya? Laper gaaa? *penting*

yudhi puspa tia said...


egaah ini sbnrnya niat awalnya bukan ngurangin karbo, tapi nambah serat. akoh milih makan seratnya pas makan siang sama lauk. pagi kdg sarapan buah kdg sarapan nasi uduk, malem juga makan lagi pake nasi lauk biasa.

jadi masih ada kan nasinya hehe. klo gw makan siang pake sepiring sayur n lauk itu mengenyangkan, kalo lo masih pengen nasi ya sok makan nasi lagi tapi setelah abisin sepiring sayurannya hehehe

hidung-bertahi-lalat said...

Haaa intinya nambah serat ya, iyah ih gw slama ini sayuran emg harus ada, tp basa basi bgtt, duh PR bgt yah

Yahe bikin postingan resep2nya donk, diapain aja, biar enak

yudhi puspa tia said...

egahh ini kebanyakan direbus biasa kok (brokoli, bayem, jagung, buncis) yg lainnya dimakan secara langsung kayak lalapan. klopun dioseng palingan jamurnya aja pake bumbu bawang putih cincang n olive oil. yang paling baik katanya se-raw mgk, cuma kan gw belom bisa hehe.