Thursday, 19 November 2015

banyu 6 bulan


yey!! 6 bulan artinya banyu lulus asi eksklusif dan mulai boleh makan. alhamdulillah proses menyusui banyu tidak sesulit waktu biyyu dulu. iya mungkin karena saya sudah punya pengalaman ya, pun saat berkelana lagi didunia perASIan, alhamdulillah gak lupa sama manajemennya jadi lancar aman sentosa. saya santai menghadapi produksi ASI yang naik turun. kalo pas turun itu karena saya sakit, kurang makan minum, dan melewatkan satu sesi memompa. makanya saya jadi tau solusinya yaitu badan (dan pikiran) harus sehat, banyak makan dan minum dan juga rajin memompa. persis kan seperti yang digembor2kan para konsultan laktasi. 

banyu mulai makan di umur 5 bulan 23 hari. gak pas 6 bulan, simple karena dsanya bilang "boleh" dengan melihat tanda2 kesiapannya menerima makanan. lagipula saya mencari waktu dimana saya bisa hadir disaat dia makan pertama kali yaitu hari sabtu dan minggu. menu pertama tentu saja tepung beras yang dimasak sebentar dengan ASIP. saat ini banyu udah nyobain tepung beras putih, gasol kacang ijo (dia kurang suka), alpukat, pisang, apel fuji, wortel, kentang, dan ubi cilembu. semua dibikin puree. favorit sementara adalah alpukat dan pisang. 

lah kenapa gak coba BLW padahal dulu ngebet banget pengen nyoba metode itu pas jaman biyyu? karenaaaa gak aja, tiba2 saya sadar itu bukan gaya saya (bilang aja males gugling, males baca buku dan males belajar hahaha). sebenernya gak juga sih, balik lagi ke pengalaman waktu biyyu, saya cukup puas dengan perkembangan biyyu saat ini. nyatanya si biyyu yang dulu disuap2in (cendrung makannya dijejelin sama mamamer) sekarang nafsu makannya bagus, BB dan tingginya ideal. tentu saja ada masa2 GTM tapi Inshaa Allah saya udah tau penyebabnya, yaitu kalo gak lagi sakit tentu saja dia bosen sama makanannya. tugas ibu emang mesti belajar nyari tau dan bikin makanan yang enak2 juga variatif supaya si bayi gak bosen makan.

percayalah nak, makan itu adalah satu kenikmatan dunia :D

banyu aaaa makan pertama x

4 comments:

ndu.t.yke said...

banyu memegang sendokya, hehehe. nampak lahap dan senang. semoga seterusnya begitu ya nak :)

yudhi puspa tia said...

aamiiinn... makasih mbak tyke :)

hidung-bertahi-lalat said...

banyuuu montok bgtt..
huaa MPASI jg salah satu yang ditunggu bgttt ya yahee, seru seru rempong

semoga lancar terus yaaa banyu makannya, cepet gede dan lahap mamnya

oh iyaaa BLW, inget ga sik dulu pas allena pun gw cita2 BLWan, etapi krn diasuh ama emak gw, fix dadah babay ama BLWan

yudhi puspa tia said...

bener banget gaaah, seru2 rempong! sekarang lebih semangat karena pilihan makanan udah full di tangan akyu xixi. lebih milih pure dibanding BLW karena emang belom khatam ilmunya aja daripada ragu2 kaaaan, untungnya banyu so far so good napsu makannya. yang paling penting kan itu yaaah, ih seneng deh.