Saturday, 25 April 2015

membangun dengan baja #5 : setahun

bulan februari tepat setahun sejak kami beli baja dan memulai pertama kali pekerjaan rumah dua pohon tahap 2. telat banget ya postingnya, sebenernya target kami rumah tahap 2 ini bisa selesai sebelum baby no 2 lahir tapi ternyata agak meleset sedikit karena saya kepengen sofa baru (oyeah yg ternyata harga sofanya melebihi bajet jadi dana buat ubin buat kamar mandi kepake) trus mobil pisot tua kesayangannya tuan kumis ada yang nawar dengan harga yang murah banget trus dia kepikiran gimana kalo dijualnya nanti2 malah gak ada yang mau. akhirnya setelah dilema berkepanjangan kami memutuskan buat menjual mobil itu dan tentu saja bajet buat bangun rumah kepake buat nambahin dp mobil baru hahaha zzzz... -__-"

begitu ada yang baru kok pembangunan jadi merembet ke depan ya, tiba2 kami jadi butuh carport dan perlu merombak halaman depan supaya ada akses karena mobil yang ini lebih panjang. kepake lagi deh bajet buat bikin kamar mandi. ck emang deh ya jalan bangun rumah bisa banget belok2 dikit tapi kami tetap senang dan bersyukur. alhamdulillaah... :D

balik lagi kerumah, klo liat sekilas dari luar kayaknya udah jadi tapi sebenernya dalemnya belom. bisa dibilang progresnya baru 50%, karena tinggal bikin kamar mandi lantai 1 dan 2, pekerjaan listrik dan finishing. masalahnya walopun pake kata2 "tinggal" bikin KM adalah pekerjaan yang paling mahal. paling gak masing2 butuh bajet sekitar 10 jutaan, kaliin 2 jadi 20 jutaan lagi deh, blom sama listrik n sedikit finishing. kenapa bikin KM paling mahal ya karena gak ada material untuk pengganti sanitair. pake sanitair yang murah2an gitu kapok makanya gak mau lagi maen2 sama kualitas. kalo dinding gak diaci+cat bisa jadi ala2 unfinished gitu tapi klo closet masa harus diganti sama jamban.


eniwei untuk material kusen kami menggunakan material pengganti yang seharusnya aluminium menjadi hollow. kelebihannya? tentu saja harganya lebih murah dari aluminium. sebagai perbandingan untuk luasan 21 m2 harga kusen aluminium mencapai 12 jutaan (sudah termasuk ongkos pasang dan kaca). sedangkan menggunakan hollow dengan luasan yang sama membutuhkan biaya 7 jutaan (sudah termasuk cat, kaca dan ongkos tukang las). ada kelebihan tentu ada kekurangannya dong. kekurangan yang pertama adalah kami harus menemukan tukang las yang mau mengerjakan pekerjaan las dan catnya secara borongan. kebetulan dulu punya tukang yang punya keahlian mengelas jadi bisa dia bisa dipake. kekurangan yang kedua adalah karena material besi rawan karat makanya harus banget 2 kali dilapis cat. kebetulan tuan kumis punya mesin kompresor untuk mengecat jadi bisa dimanfaatkan walopun sejujurnya kami kurang puas dengan hasil pekerjaan si tukang yang ternyata kurang jago ngecat. yaudahlah ya namanya pun paket hemat, cacat2 dikit harusnya termaafkan *menghibur diri*

untuk pekerjaan kaca, kaca dipotong ditukang kaca kemudian dipasang sendiri (masih oleh tukang las kami). untuk lantai 1 sih aman tapi begitu pemasangan kaca dilantai 2 kami minta tukang kaca sekalian masangin ke kusen hollow yang sudah jadi. atas pertimbangan biaya pula kami menggunakan hollow lagi untuk bikin tangga ke lantai 2. buat pijakannya, tentu saja awalnya pengen pake kayu solid berhubung kalo nungguin bisa beli kayu solid tangganya gak jadi2 akhirnya sementara kami menggunakan kayu jati belanda yang jauh lebih murah dulu. ntar aja kalo udah dana lebih baru diganti.


kalo nurutin napsu sih rasanya pengen terus-terus aja tabungan dan pendapatan dipake buat ngelanjutin rumah, tapi kami harus menyambut kehadiran baby nomer 2 (dan bayar sekolah biyyu!) jadi rumah kembali menjadi prioritas kesekian setelah urusan cowok2 kecil ini selesai. :)

4 comments:

hidung-bertahi-lalat said...

ahh renov kamar mandi, terasa bgttt dahh
btw yahee, aku BBM ko cross yaaah
senangnya udah cutaii...nikmati every single second yaheee...lancar smpe lahirann..

joi said...

infonya sangat menarik,,,

besinikel said...

TIAAAA.. pankapan mau main, ya! Rumahnya kece bgt. LAAAFFFFF

yudhi puspa tia said...

ega : iyah terasa banget apalagi kaya kamar mandi allena yg ada bathtubnya hihihi rasanya sesek napas kalo liat tabungan tapi hepii

feni : yuuukk sini maen sama kaka ami n babap ya buniii