Monday, 2 June 2014

longing for an orange cake

rasanya sudah lama banget saya gak maen2 sama oven. akhir2 ini wiken memang banyak diisi sama kegiatan melukis soalnya kemaren2 lagi ada beberapa pesenan ilustrasi diatas blackboard. saya sendiri gak pernah bikin pengumuman khusus soal jasa ilustrasi ini makanya gak bisa gak bilang iyah. setelah semua pesenan selesai dikerjain rasanya plong banget, eh kebetulan si tuan kumis minta dibikinin cemilan manis, katanya saya udah lama gak pernah bikin kue. tadinya sih kepikiran mw bikin pancake tapi kalo gak pake pan yg kecil kok bikinnya gak semangat yah abis pasti nanti bentuknya jadi kurang kece. ngeliat ada jeruk yang baru dibeli dari pasar tiba2 aja kepikiran bikin orange cake.

sebenernya saya udah lama pengen nyoba bikin orange cake. setelah bolak balik manggang kue pake apel dan strawberry penasaran juga sama bahan baku orange atau jeruk. udah lama nyimpen resep orange cake dari sini, tapi kelupaan mulu mw dieksekusi selain gara2 tiap beli jeruk pasti selalu abis dimakan duluan sebelum dibikin cake hihi.


seperti halnya mengeksekusi resep2 yang lainnya, resep orange cake yang asli hanya saya jadikan panduan bukan jadi contekan karena menyesuaikan bahan, faktor males ngukur dan males ngeluarin mixer jadi adonannya hanya saya aduk pake whisk.

berikut resep orange cake versi saya yah untuk loyang dia 15 cm
  • 4 buah jeruk ponkam atau sunkist, ambil isinya ato pulp (kemarin saya cm pake 3)
  • 3 sdm gula semut ato brown sugar
  • butter untuk olesan
  • 40 gram butter/mentega, cairkan
  • 1 telur (disini saya pakai 2 telur tapi menurut saya rasa jeruknya kurang terasa, besok2 mw pake 1 ajah)
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1 sdt baking powder

cara membuat :
  • olesi loyang dengan butter/mentega
  • taburi dengan gula semut
  • susun isi buah jeruk/pulp, lebih penuh lebih baik :)
  • campur mentega cair, telur, tepung dan gula, aduk rata
  • tuang ke dalam loyang
  • hiasi atasnya dengan orange's pulp, sama lebih penuh lebih baik
  • panggang sampai matang 

sore itu saya menikmatinya sama biyyu dan mr. B. sesaat sebelum dimakan saya sirami dengan madu, enak sekali dimakan saat hangat sambil minum kopi hitam yang tidak terlalu banyak pakai gula. seperti jodoh rasanya pas! ck, cobain yah! ;)

4 comments:

ega said...

yaheeee
ya ampuunn ngilerrr
gw slalu pengen nyoba baking tp ga punya oven..huhuhuh...bikin resep yg ga pake oven donkk yaheeee....

yudhi puspa tia said...

oven gw juga cuma sekelas otang gahe, yang ditangkringin diatas batu bata, kecil pulak tapi lumayan handal hihi

kan lo punya oven listrik pake ajah kalo yang gak pake oven biasanya tiramisyuuu, ih itu juga enak :))

Feny Christine said...

halo Mba, silent reader nih,,, mba bikin cake terlihat sederhana tapi kayanya enyak betulll....

Salam kecup buat si gembil biyyyu ya mbaa :)

yudhi puspa tia said...

halo mbak feny :)
iyah aku gak pernah bikin cake yang susah2, masih amatir soalnya hihi, salam balik dari biyyu yah ;)