Thursday 25 June 2015

tentang melahirkan banyu



banyu lahir tanggal 5 mei 2015 via c-sect. akhirnya keputusan caesar kami ambil karena semingguan saya merasakan kontraksi yg kuat tiap malam tapi paginya menghilang. cek ke dokter inneke ternyata leher banyu terlilit 2 ikatan, padahal sebulan sebelumnya hanya 1 ikatan. dokter menawarkan untuk mencoba induksi persalinan supaya bisa melahirkan normal walopun tingkat keberhasilannya 50%. cek usg berat bayi sekitar 3.3 kg dan lingkar kepalanya lebih dr 32 cm. dikasi informasi lengkap begitu saya jd deg2an. pengalaman pertama melahirkan biyyu secara normal (masih inget gimana sakitnya bukaan 8), berat 3.15 kg dan lingkar kepalanya 31 cm rasanya udah bikin dokter inneke menghabiskan 2 rol benang (sementara saya mringis2 nahan sakit) buat menjahit area perineum yg digunting spy biyyu bs lewat. sebenernya bukan jenis pengalaman yg pengen saya ulang apalagi ditambah probabilitas keberhasilan cm 50% yang artinya klo gagal ya mau gak mau caesar. ngobrol sana sini sebagian besar menyarankan langsung caesar. setelah saya pikir2 caesar yang terencana akan lebih baik (baik dari kondisi bayi maupun pemulihan ibu) daripada caesar yang darurat, akhirnya saya mantap memilih cara caesar untuk melahirkan banyu. bismillah.


jadi apa rasanya melahirkan secara caesar yang konon katanya enak itu? SAKIT. perut saya kaya kesilet2 ribuan peso setelah biusnya hilang. sampe bingung sendiri dimana letak "enaknya". iya sih ada obat penahan rasa sakit tapi sakitnya kan gak langsung tring bisa ilang begitu aja. saya merasa bisa bebas dari rasa sakit sekitar sebulanan walopun bisa berjalan dan beraktivitas setelah 1 hari setelah operasi. beruntung saya bisa menyusui dengan lancar (walopun sambil nahan sakit di perut). bandingin sama melahirkan normal yg sakit jaitannya hanya 2 mingguan abis itu bebas mw lari ato jumpalitan.

 

alhamdulillah mama mertua saya bisa nemenin selama 40 hari pasca melahirkan. membantu banget apalagi kan ada biyyu (dan B senior) yang juga harus diurus. biyyu juga manis deh. kayaknya doktrin yg saya (dan mr.B) ajarin selama hamil cukup berhasil. dia ngertiin ibunya lagi sibuk ngurus banyu jd gak ribut minta apa2 sama ibu. bahkan dia mau field trip ke nursery kuntum cuma ditemenin sama utinya (mama mertua). yg masih belum berhasil sih kemandirian. kami memang memanfaatkan momen "jadi kaka" dan "jadi anak tk" supaya biyyu bisa lebih mandiri spt bisa mandi sendiri, bisa makan sendiri, gak pake diaper lagi klo bobo malam ato minum susu gak pake botol. tapi punya adik adalah momen besar ya buat seorang anak umur 4 taunan, rasanya dia gak irian sm adiknya aja udah bagus :).

No comments: