Monday 25 August 2014

rajungan lada hitam singapur


sebenernya saya gak tau kenapa ada nama singapur pada resep ini. pertama kali gugling resep rajungan yang pertama kali keluar adalah rajungan lada hitam singapura. mungkin karena salah satu jenis masakan pecinan kali yah. eniwei kali ini saya mau bagi resepnya karena ini bikinnya sungguh gampang. serius.

jadi ceritanya saya lagi belanja bulanan sama si mr. kumis. tumben2an dia mw nemenin padahal biasanya dia lebih memilih nongkrong minum kopi daripada ngider sama saya dari rak satu ke rak lainnya. tiba dibagian makanan basah dia ngambil rajungan dan minta dimasakin. agak jiper sedikit sih secara saya belom pernah masak rajungan. hanya dengan mengandalkan pikiran "ah nanti tinggal gugling resepnya" akhirnya kami bayar si rajungan.

setelah baca2 sedikit soal rajungan di perjalanan pulang, sampe rumah saya langsung cuci dan belah dua untuk membuang insangnya. membersihkan rajungan ternyata juga jauh lebih mudah dari membersihkan cumi2. step selanjutnya si rajungan saya rebus dengan 1 sereh, 3 lembar daun salam, dua iris lengkuas dan seiris jahe. ini adalah bumbu dasar saya kalo mw rebus yang amis2. gak lama2 hanya sekitar 10 menit si rajungan empuk dan baunya sudah wangi. nah rajungannya sudah siap digunakan. oh untuk resep ini jangan lupa kocok 1 telur, buat orak arik dan sisihkan

berikut bumbunya:
  • 5 bwg putih
  • 3 cabe merah besar
  • 4 cabe rawit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdm lada hitam yg ditumbuk kasar
  • 1 sdt lada putih
bumbu pelengkap :
  • 2 sdm kecap asin
  • 1sdm saus tiram
  • 3 batang daun bawang

cara memasak :
  • semua bumbu diiris tipis kemudian ditumis sampe wangi, beri air sedikit supaya tidak terlalu kering
  • masukkan ke dalam tumisan : orak arik telur, 2 sdm kecap asin, 1 sdm saus tiram, bumbui dengan garam dan gula, aduk sebentar
  • masukan rajungan, irisan 3 batang daun bawang, aduk lagi sampe merata dan daun bawang layu
  • angkat dan sajikan

see.. semudah itu kan, dan hasilnya pasti enak. dicoba yah :)

selamat hari senin!


No comments: