Tuesday 22 December 2015

no-bake durian cheesecake


beberapa minggu kemarin, papah saya bawain satu durian mateng pohon yang udah wangiiii banget. sayangnya cuma saya sendiri yang bisa makan durian dirumah, asaan ga seru amat makan sendirian. sejujurnya saya juga bukan pecinta durian kelas berat, bukan tipe yang nyari gituh tapi kalo ada pasti dimakan. daripada duriannya nganggur berhari2 makanya kepikiran buat dibikin sesuatu. tadinya sempet mau bikin pancake durian cuma kebayang mesti bikin n ngedadar adonan kulitnya blom ngelipet2nya, ah rempong, skip. mikir2 lagi... hmm ketan durian kayaknya enak, etapi saya blom pernah ngukus ketan. okeh skip, sampe akhirnya tercetus ide bikin cheesecake karena saya masih punya stock creamcheese dikulkas. biar makin gampang dibikin, durian cheesecake ini harus no bake alias masuk freezer aja jadi. mulai deh bergerilya cari resep di google, dan nyangkut diresep ini.

pada prinsipnya resep no-bake durian cheesecake ini gampang banget. cuma campur2, icip2, masukin ke wadah yang sebelumnya sudah ada crustnya, masukin freezer, jadi deh. saya aja lupa berapa takaran persisnya, tapi semoga kebayang yah;

bahan :
crust : untuk cara dan takaran lihat disini yah, kemarin selain menggunakan loyang pie biasa, saya memodifikasi menggunakan loyang muffin, jadi dapet ukuran 6 buah yang kecil2. ternyata ukuran ini porsinya pas banget dan gak ribed motong2. ngluarinnya aja yang sedikit PR tapi sebenernya gampang asal atasnya jangan dikasih whipped cream dulu. karena loyang muffin kebanyakan sudah dibuat anti lengket cukup menggunakan ujung pisau untuk mencungkil (hati2 ya jgn sampe rusak) cheesecake yang sudah beku.

isian/filling :
- 10 biji durian, ambil dagingnya haluskan menggunakan garpu
- 1 1/2 cup creamcheese suhu ruang
- 1 cup gula kastor
- 1 sdm air jeruk lemon
- 1 sdt vanili

tambahan :
- 250ml whipped cream yang dimikser sampai kaku dg menambahkan 2 sdm gula kastor/sesuai selera
- topping buah

cara membuat :
- buat crust, cetak di pan dan di loyang muffin, jangan lupa ditekan2 ya supaya set. buat neken2nya saya menggunakan pantat gelas. setelah selesai masukkan crust ke dalam freezer.
- sementara menunggu crustnya set, mikser creamcheese dan gula sampai lembut dan creamy, masukan air jeruk lemon dan vanili. matikan mikser baru masukan daging durian. mikser lagi dengan kecepatan rendah dan asal tercampur aja. pake spatula juga bisa sih karena kalo kelamaan mikser daging duriannya bisa nyangkut dimikser. dibagian ini juga udah bisa icip2 yah, kalo kerasa kurang manis sok boleh ditambah lagi gulanya.
- setelah adonan isi tercampur semua, tuang di loyang. dan bekukan di freezer.


tampilan asli si durian cheesecake ini sebenernya kurang kece karena warnanya yang putih pucat, makanya sebelum masuk ke freezer kemarin saya tambahkan potongan2 kecil buah naga. buah naga, buah yang banyak airnya tapi rasanya yang cendrung tawar cocok banget dipadu disini karena ga mempengaruhi rasa duriannya sendiri. tapi kalo gada juga gpp sih toh cuma buat tampilan aja. anw setelah set/beku durian cheesecake ini paling enak dinikmati sama whipped cream yang manis. cocok banget buat desert ato temen minum kopi. kemarin saya doang yang makan, puasss banget semingguan disimpen di freezer awet gak ada yang nyuwil2 cake kesayangan ini xixixi. eh saya sempet ding bawa ke kantor 3 biji dan langsung diserbu katanya mantap. asik besok2 bikin lagi ah...

No comments: