Monday, 20 June 2016

Monday, 13 June 2016

jogja trip : lava tour merapi

mau lanjut lagi ah cerita jogjanya, semoga saya gak keburu lupa sama detail2 cerita selama disana

lava tour jogja menjadi list dalam itenerary saya setelah liat postingan foto salah satu temen dan anaknya di fesbuk. saya langsung watsapin nanya secara detail karena lewat dia saya jadi tau kalo lava tour itu aman buat anak2. sejujurnya saya tipe orang yang kalo jalan2 cari yang aman2 aja, ga terlalu suka petualangan yang meraba2 apalagi kalo sama anak2. cuma setelah melahirkan banyu dan mendapati kalo saya dan mister kumis punya 2 orang anak lelaki, rasanya liburan kami harus lebih berbau petualangan terutama di alam. 

kenapa? karena biyyu mirip sekali dengan saya! meskipun saya menyukai hijauan tapi saya gak terlalu suka kegiatan outdoor dan olahraga. beruntung saya sempet dibesarkan di desa kecil dimana saya bisa menikmati main di sawah, sungai, dan pasar sepuas mungkin (karena jaman itu belum ada gadget). saya pikir potongan kenangan masa kecil itu membuat saya masih banget bisa menikmati kegiatan di alam luar. buat saya anak2 lelaki harus lebih tangguh secara fisik maupun mental. saya dan mister kumis sepakat kalau salah satu caranya adalah rutin ngajak anak2 travelling paling tidak 1x setahun / berkegiatan di alam sebanyak mungkin.

makanya ketika hampir 3 tahun kami gak kemana2 (oh ya karena urusan rumah dan pekerjaan) sengaja tahun ini saya rencanakan perjalanan ke jogja, dengan itenarary utama sunrise di borobudur dan lava tour gunung merapi di jogja.


sebulan sebelum berangkat saya sering cerita ke biyyu tentang kenapa dan bagaimana terjadinya sebuah letusan gunung berapi. diakhir cerita saya selalu nawarin ke biyyu mau gak lihat bekas letusan gunung berapi dari dekat. awalnya biyyu ragu2 karena disangka masih ada lahar panas, tapi setelah saya jelaskan lagi kalo area letusan sekarang sudah aman malah ada tour yang menggunakan jeep yang bisa dia bisa naikin, biyyu jadi semangat.

oiya karena selama di jogja saya menginap di 3 hotel dengan daerah yang berbeda (yeah!! hellow rempong!) saya memutuskan untuk menyewa mobil tanpa supir untuk 4 hari. yang awalnya sempet ragu karena takutnya si mister kumis bakal kecapean nyetir ternyata gak sama sekali malah kami merasa keputusan tersebut sangat tepat. saya bisa menaruh sebagian barang2 kami di mobil dan kami lebih fleksibel dalam menjalankan itenerary. ternyata jogja jalanannya ya segitu2 aja, tapi dg catetan selama ada google maps dan sambungan internet ya.

oiya balik lagi ke lava tour, setelah check out dari cempaka villa di magelang kami menuju desa kinahrejo. saya sudah book tour pendek selama 1.5 jam di JWM via watsap. dari mas2 JWM kami diberi peta di desa tersebut sebagai titik temu. dari magelang perjalanan ke kinahrejo kira2 memakan waktu 1 jam lebih sedikit. saat itu cukup mendung sehingga saya sempat kawatir akan turun hujan tapi alhamdulillah gara2 mendung juga cuaca sangat bersahabat, tidak panas dan debunya relatif sedikit.

iya saya memang lebih concern soal debu daripada goncangan jeepnya. karena itu pula sempet nyari tau lebih lanjut soal lava tour merapi ini buat anak2. waktu terbaik untuk lava tour sebaiknya memang pas lagi low seasion sehingga meminimalkan debu2 yang beterbangan dari jeep2 lain, karena kalo lagi peak season bisa ratusan jeep yang naik keatas kali adem, gak heran karena lava tour menjadi tujuan wisata yang cukup hits di jogja sejak beberapa tahun yang lalu. 


mengingat kami membawa banyu yang masih berusia 1 tahun, saya mengambil paket dengan dengan rute terpendek selama 1.5 jam, yaitu museum mini sisa hartaku-batu alien-Kali Gendol-bunker Kali Adem. pada dasarnya rute jeep merapi ini sebenernya fleksibel, disesuaikan dengan tamu yang menyewa, kalo kamu segerombolan anak muda pasti diambil jalan dan rute yang lebih menantang adrenalin. berhubung kami bersama bayi otomatis saya meminta rute yang agak "smooth" walopun sebenernya gak smooth sama sekali. untungnya banyu dan biyyu enjoy2 ajah bahkan banyu tidur dalam gendongan saya, duh nak plis ah. haha.


buat kami lava tour ini sangat berkesan apalagi mas2 supir jeepnya baik sekali. dengan sabar nyeritain detail kejadian 6 tahun lalu (dan menjawab semua pertanyaan biyyu) mengingat doi adalah korban ya. melihat kali batu, jurang dan bekas2 lelehan larva sejenak kami terbius oleh kebesaran kuasa Allah SWT. ibu berdoa semoga bboys juga bisa menyesapi keindahan sekaligus kekuatan Allah SWT sehingga makin taat dan patuh kepada perintah-Nya ya, aamiin ya robbal alamin...

Wednesday, 8 June 2016

serat serat

halo bulan juni!

pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat berpuasa ya untuk teman2 yang menjalani ibadah puasa ramadan. alhamdulillah tahun ini diberi kesehatan dan kesempatan untuk beribadah kembali di bulan ramadan. semoga kita semua diberi kekuatan dan kekhusyukan dalam beribadah ya, aamiin..

ngomong2 tentang memasak di bulan ramadhan, baru hari ke 3 sahur saya sudah merasa buntu memasak. gada ide mungkin karena capek tiap sore kejar2an antara kantor rumah dan memasak untuk buka. kemudian kalo pas sahur banyu sepertinya lebih nemplok nenen yang membuat saya susah bangun. duh duh ga boleh begitu sih, mungkin asupan serat saya berkurang makanya rasanya badan jadi lebih mudah capek.

ini adalah diary memasak saya beberapa bulan kemarin. semoga dengan melihat ini saya bisa lebih semangat lagi dan menimbulkan inspirasi memasak. yas!! ayo semangat!!

udang bakar madu + salad sayuran
ikan dori sambal matah + salad sayuran
ayam pop + sambal terasi + salad sayuran
dori goreng tepung + salad sayuran

sebenernya isi salad sayuran saya itu2 aja sih, lettuce, brokoli, kubis ungu, tomat, timun, wortel dan jagung. selama ini dimakan cuma dengan siraman olive oil dan taburan lada garam, sesekali saus thousand island. pengen coba dressing yang lain tapi saya sendiri jarang banget jajan salad diluar jd ga tau yang enak2 lagi kayak apa. ada ide?